Selalu ada hikmah

“Akh besok siang kosong kah”? malam itu ada teman yang memintaku untuk mengisi forum halaqohnya dia, karena yang bersangkutan akan pergi ke Jakarta untuk menunaikan hajatan besar, memilih DKI 1 . Aku jawab,”oke tak lihat jadwal dulu, ada rapat klaster apa enggak”. Setelah aku cek akhirnya jadwal jam segitu kosong, lalu aku menyanggupi untuk mengisi forum halaqoh itu . “Oke, temanya apa akh?” tanyaku pada temanku. “Puasa Ramadhan dan keutamaanya”, jawabnya. Lalu aku siapin materi itu, kucari file-file ku, dan akhirnya ketemu seperangkat file berisikan tema tentang Ramadhan dan keutamaanya. Alhamdulillah zaman sekarang begitu mudahnya mendapat materi keislaman, rugi banget bagi yang belum tau, inilah kewajiban kita untuk menyampaikan. Setelah baca-baca materi, terbersik niat untuk membagi tentang hikmah puasa. Ternyata hikmah tersebut dapat kita bagi menjadi menjadi tiga macam, yakni secara ruhiyah (pribadi), ijtimaiyah (sosial) dan juga shihiyyah (kesehatan).

Secara ruhiyah, puasa mempunyai hikmah
1.Penguatan iman dan ketakwaan
2.Melahirkan bentuk ketundukan secara totalitas
3.Menahan diri dari mengikuti hawa nafsu
4.Medan pelatihan kesabaran, kejujuran dan kedisiplinan

sedangkan secara ijtimaiyah, hikmahnya adalah
1.Melahirkan rasa solidaritas yang tinggi sesama muslim
2.Sebagai media pemersatu ummat, karena semua muslim melakukan ibadah ini secara bersamaan dan serentak
3.Mempererat tali ukhuwah islamiah
4.Membiasakan menjalankan aturan-aturan ilahiah atau menumbuhkan kedisiplinan dalam merspon hokum-hukum Islam
5.Mengeleminir tindakan kriminal dan bentuk-bentuk kemaksiatan

lalu hikmah yang didapat secara kesehatan antara lain
1.Membersihkan kembali usus-usus
2.Memperbaiki alat pencernaan
3.Mengurangi berat badan
4.Menjaga hukum keseimbangan badan

Sesuai dengan apa yang Rasulullah katakan pada kita, “Berpuasalah kamu, niscaya kamu akan sehat” (HR Abu Dawud, Abu Nu’aim dan dihasankan As-Suyuthi)
Yap itu tadi beberapa hikmah yang bisa kita dapati dari aktivitas puasa,terutama puasa Ramadhan yang sebentar lagi menyapa kita. Yuk persiapkan diri menjemput tamu suci, Ramadhan sebentar lagi!!!!

Leave a comment