Tingkatan manusia seperti apakah engkau…….?

manusia merupakan makhluk tuhan yang berakal.Tuhan menciptakan manusia dalam sebaik baik keadaan / penciptaan. Begitu mulianya manusia waktu itu sampai-sampai Iblis dan Malaikat pun diminta bersujud kepadanya. Hebat bukan, malaikat yang katanya makhluk suci dan tak berdosa akhirnya mau bersujud. Tapi Iblis menolaknya karena meras dirinya lebih hebat dari makhluk bernama manusia ini. lalu sebenarnya apakah manusia ini akan selamanya mulia dibandingkan makhluk2 yang lainnya…? Belum tentu!

Terkadang manusia bisa berkedudukan melebihi malaikat, seandainya saja ia mau benar2 mematuhi dan mentaati ajaran dari Tuhannya, namun sebaliknya ia bisa berkedudukan bahkan lebih rendah dibandingkan hewan sekalipun karena semata-mata hanya menuruti hawa nafsunya (nafsu perut dan di bawah perut)—na’udzubillah! Itu semua adalah pilihan kita masing2, kita ingin mulia atau hina semuanya tergantung kita dan semua ada jalan utnuk menempuhnya.

Baik, lanjut ke tingkatan manusia diantara manusia yang lain.

AA Gym pernah mengingatkan pada kita bahwa ada beberapa tingkatan manusia;

1.manusia Wajib

Manusia yang kehadirannya diantara manusia/makhluk yang lain adalah “wajib” hukumnya, dia datang dengan membawa kemanfaatan terhadap sesamanya.

2. manusia sunnah

Manusia yang ketika hadir terasa biasa-biasa saja kemanfaatannya, tapi begitu ia tidak ada, orang lain merasa kehilangan

3. manusia mubah

Manusia yang hadir dan ketiadaannya tidak ada efeknya sama sekali. Hadir juga biasa2 saja dan ketika tidak ada juga biasa2 saja, nggak berefek.

4.manusia haram

Nah yang satu ini yang musti diwaspadai, manusia jenis ini jika hadir tidak menambah manfaat sama sekali, bahkan justru menambah “musibah”. Kehadirannya membuat orang lain merasa cemas dan khawatir, bisa juga bikin orang jadi emosi. Sedang ketiadaanya membuat orang lain bahagia dan bersyukur.

Nah seharusnya kita bisa memposisikan diri ini sesuai tingkatan terbaik yang bisa kita raih. Jangan jadi manusia Haram, minimal mubah lah. Atau yang paling baik ya, Jadilah Manusia Wajib. Kita akan melihat bagaimana orang lain memandang kita saat kita sudah meninggalkan dunia ini. maka pesan nya adalah: “tersenyumlah di akhir hayatmu sementara orang lain menangisi kepergianmu”

2 thoughts on “Tingkatan manusia seperti apakah engkau…….?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s