Imperium dunia

Negara madinah adalah salah satu bentuk negara tanpa ada menteri keuangan di dalamnya. Benar juga siy, karena kas negara pun tidak ada. loh, lalu bagaimana negara ini mampu tetap eksis..? kuncinya ada pada pembiayaan wakaf rakyatnya. ustman, Umar adalah contoh teladan yang mampu memberi sokongan harta untuk pembiayaan negara.

Dalam beberapa peperangan besar umat Islam, misal saat melawan Romawi Umar memberi contoh nyata dengan memberikan sebagian dari hartanya. lalu, dengan cara apa negara Madinah ini beranjak kaya dan bahkan mengendalikan dunia? kuncinya adalah pada expansi dakwah. pasukan islam kembali melebarkan sayap penaklukannya ke daerah2 luar Arab. sebut saja Mesir, tunisia dan juga Iraq. dengan adanya ekpansi besar tersebut, maka banyak ghanimah yang diraih. tentu hal ini membuat para mujahidin menjadi kaya. Mujahidin di zaman Khulafaurasyidin termasuk kalangan sosial yang kaya dan stratanya lebih tinggi dari yang lain. semakin banyak daerah yang ditaklukan semakin banyak harta rampasan yang didapat. akhirnya para pembesar negara saat itu kesusahan untuk menyimpan harta negara. Akhirnya dibuatlah Baitul Mal. konsep berdirinya adalah untuk menyimpan uang negara untuk berbagai keperluan pemerintah.

Begitulah, di setiap resiko terdapat rizki. resiko besar yang ditemui dalam peperangan akan terbayarkan dengan hadirnya rizki dari Allah yang begitu besar. sungguh luar biasa, negara islam saat itu benar-benar berjaya dan sangat disegani lawan. bahkan sangat ditakuti lawan! Islam tidak hanya unggul dalam militer tetapi juga unggul dalam bidang keilmuan, hikmah dan pertanian/pengelolaan ladang terutama di iraq. tata kelola negara yang efektif dan efisien dengan dibarengi sikap penguasanya yang bijak, semakin menambah kejayaan islam begitu pesat. kekuasaan Islam pun dilanjutkan dengan era Usman. di era ini, armada laut semakin kuat dan pasukan islam mampu menaklukan daerah2 yang dibatasi oleh lautan luas. luar biasa, banyak kemajuan yang diraih setiap masa dalam pemerintahan islam. para sahabat adalah para pembelajar Sejati yang tak mau berhenti menciptakan karya-karya besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s