Eksportasi Beras Indonesia : Wujud Keberhasilan Pemerintah?

Sebagian masyarakat mungkin menganggap bahwa pemerintah Indonesia kini telah sukses menjalankan program swasembada beras, bahkan dikatakan berhasil juga dalam eksportasi beras. Pernyatan tersebut tidaklah salah, hanya perlu digarisbawahi bahwa program swsembada beras kita dan kegiatan eksportasi beras kita merupakan wujud dari keberhasilan system pangan di Indonesia?

Salah Seorang Guru Besar FTP UGM mengatakan bahwa hal tersebut belum menjadi standar ukuran keberhasilan pembangunan pemerintah di dalam negeri. Bahkan terkesan program eksportasi beras tersebut masih dinilai semu semata dan belum berdaulat. Ada beberapa alasan mengapa program swasembada beras masih menyisakan pertanyaan mendasar. Alasan pertama bahwa adanya ketidakvalidan data yang digunakan. Jika kita amati ternyata data produksi hasil pertanian khususnya beras tidak pernah sama antara data dari pihak Bulog dan Departemen Pertanian. Hal ini menunjukkan ketimpangan pengambilan data dari pemerintah, dan itu bisa saja dimanipulasi sesuai kebutuhan dan keuntungan semata. Alasan yang kedua adalah tahun 2008 dan 2009 adalah tahun dimana suhu politik sangat memanas, dikhawatirkan ini hanya sebagai sebuah strategi mengambil hati konstituen sehingga pemerintah kemudian memaksakan diri untuk melakukan ekspor beras.

Alasan yang selanjutnya adalah apa wujud dari program swasembada dan ekspor beras terhadap kesejahteraan Rakyat Tani Miskin (RTM)? Sama saja ketika beras kita dinikmati di luar negeri sedangkan saudara kita petani miskin dlam negeri tidak kunjung sejahtera. Perlu dicatat pemerintah bahwa jangan sampai menjadikan para petani sebagai instrument swasembada beras sedangkan hak-hak mereka tidak diperhatikan. Pemerintah seyogyanya jangan hanya memikirkan tentang keinginan untuk mengeruk keutungan secara ekonomi semata karena saat ini harga beras dunia menembus 700 US dollar perton sampai 1.000 US Dollar perton. Maka dari itu Hentikan politisasi Beras.Sejahterakan rakyat tani Indonesia.
Sumber : Kedaulatan Rakyat :kolom analisis Prof.Dr.Moch.Makshum (Guru Besar FTP TIP UGM)

2 thoughts on “Eksportasi Beras Indonesia : Wujud Keberhasilan Pemerintah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s