Lagi-lagi pelemparan Sepatu

Belum hilang dari ingatan kita ketika wartawan asal Iraq Al-Zaidi melemparkan sepatunya ke mantan presiden AS G.Bush. Kini tindakan itu diikuti oleh seorang mahasiswa asal Universitas Cambridge Inggris yang juga ikut-ikutan melempar sepatu. pelemparan itu ditujukan kepada Perdana menteri China Wen Jiabao di Inggris Senin kemarin.

sepatu dibawa petugas
sepatu dibawa petugas

Pemerintah    China sangat mengecam tindakan itu. ihak China sangat mengecam tindakan itu,” ujar Jiang Yu juru bicara kementerian luar negeri China dalam pernyataan tertulisnya seperti dikutip AFP, Selasa (3/2/2009).

Sementara pihak Inggris sebelumnya sudah mengungkapkan penyesalan yang mendalam atas insiden di Auditorium Universitas Cambridge itu dan berjanji akan menindak tegas pelakunya sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Pada kenyatannya tindakan sang pelempar sepatu itu tidak bisa diterima publik. Pelempar sepatu juga tidak akan merusak hubungan China dan Inggris.”

Peristiwa itu terjadi pada Senin malam waktu setempat saat Wen sedang memberikan ceramah di Universitas Cambridge Inggris.

“Bagaimana bisa anda (audiens) mendengarkan kebohongan dia (Wen Jiabao)? Berdiri dan suarakanlah,” teriak seorang demonstran yang kemudian disusul dengan lemparan sepatu.

Namun sepatu itu tidak sampai mengenai Wen meski mendarat tak jauh dari tempatnya berpidato. Kemudian Wen melanjutkan pidatonya dengan mengatakan, “Kami datang dengan damai. Kejadian ini tidak akan merusak hubungan China dan Inggris. Sejarah mengungkapkan, keharmonisan ini tidak akan dapat dirusak oleh kekuatan apa pun,” lanjut Wen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s